Apa Itu PseudoCode


Pseudo Code adalah urutan baris algoritma seperti kode pemrograman dan tidak memiliki sintak yang baku. Dalam kata lain bahasa algorimik (sering juga di sebut pseudo-code) adalah sebuah bahasa penengah antara manusia dan komputer, sebenarnya komputer tidak dapat langsung mengeksekusinya. Bahasa algoritmik dibuat untuk memudahkan algoritma dengan bahasa manusia diubah menjadi bahasa pemrograman apa pun yang dimengerti oleh komputer. Pseudo Code lebih umum digunakan oleh programmer yang berpengalaman. Akan tetapi, flowchart lebih mudah dimengerti oleh programmer pemula, pseudo code sangat mudah diimplementasikan ke dalam kode program dibandingkan dengan flowchart. Kita bisa bebas menulis pseudo code selama itu mudah dimengerti bagi orang lain. Tetapi disarankan untuk menggunakan keyword yang umum digunakan seperti : if, then, else, while, do, repeat, for, dan lainnya. Dan ikuti gaya penulisan pemrograman seperti Pascal, C++, dll. Perhatikan kode dibawah ini :
Mulai
Masukkan sebuah angka
Masukkan sebuah angka dan tampilkan
Ambil angka yang sebelumnya dan tampilkan
Selesai
Walaupun pseudo code diatas masih bisa dimengerti tetapi ada beberapa statemen yang ambigu. Dari baris kedua, kita tidak tahu kemana angka tersebut disimpan dan kita juga tidak tahu angka yang mana yang dimaksud untuk “angka yang sebelumnya”. Apakah angka yang pertama atau yang kedua. Pseudo Code diatas dapat dimodifikasi menjadi seperti berikut :
Start
Masukkan A
Masukkan B, Tampilkan B
Tampilkan A
End
Pseudo Code diatas lebih baik dibandingkan sebelumnya. Kita bisa dengan jelas melihat dimana angka disimpan dan angka yang mana yang ditampilkan. Sekarang kita akan mengubah flowchart pada gambar 1.2
Start
Masukkan A dan B
C = A + B
Tampilkan C

End

1 komentar:

Nice info :D

http://nongkrongsite.blogspot.co.id/

Reply

Posting Komentar